Tujuh Ikan Pembuat Heboh

Ternyata tak hanya manusia saja yang bisa membuat kehebohan, hewan seperti ikan pun bisa melakukan hal yang sama. Intinya di beberapa daerah ada kejadian-kejadian unik yang disebabkan oleh aksi ikan-ikan ini. Kejadian-kejadian ini bisa membahayakan, seperti serangan berbahaya atau mengejutkan karena jatuh dari langit. Masih ada beberapa lagi yang membuat ikan mampu membuat heboh dunia dan inilah 7 ikan pembuat heboh versi on the spot.

Ikan Midshipman

Suara misterius mengusik warga di tepian perairan Southampton Hamshire Inggris. Hampir setiap malam mulai pukul 10 malam, terdengar suara dengungan bernada rendah. Suara ini bisa bertahan selama berjam-jam hingga sepanjang malam, akibatnya warga kesulitan tidur. Mereka yang sudah tak tahan bahkan terpaksa pindah dan menginap di sofa milik teman atau kerabat yang jauh untuk menghindari mimpi buruk. Puluhan warga mengajukan keluhan, mereka menduga suara ini berasal dari industri kapal yang ada di daerah ini. Pemerintah pun memasang peralatan monitoring di sejumlah properti untuk melacak asal suara. Dan ditemukan bahwa yang bertanggung jawab atas kebisingan ini adalah ikan. Bukan ikan air biasa, tetapi ikan midshipman yang ingin bereproduksi di sebuah muara. Menurut para ilmuwan, midshipman jantan mengeluarkan dengungan khas agar para betina tahu bahwa mereka sedang mencari pasangan. Ikan jantan mampu mengeluarkan dengungan selama berjam-jam, suaranya semakin keras jika ada kompetitor sesama jantan yang juga sedang mencari pasangan. Lalu mengapa suara ini bisa sangat mengganggu? Para ilmuwan menduga suara ikan ini terpantul dari bangunan dan juga kapal di sekitar, sehingga menjadi sangat keras dan mengganggu.


Hujan Ikan

Pergilah ke Kota Yoro, Honduras untuk pengalaman traveling menakjubkan. Pada pertengahan tahun di kota ini terjadi hujan ikan. Setiap pertengahan tahun, badai besar selalu melanda Yoro, dan begitu badai besar reda, ratusan ikan segar berjatuhan dari langit. Di bulan Juni atau Juli, warga sekitar harus waspada karena badai diikuti hujan ikan siap melanda mereka. Ikan-ikan yang seakan jatuh dari langit ini bukanlah fatamorgana atau fiksi karena memang ini adalah fenomena alam yang benar-benar terjadi. Penjelasan ilmiahnya adalah ikan terikut sewaktu badai terjadi, dan membawa ikan naik ke atas langit, kemudian ikan itu pun jatuh bersama hujan yang turun. Masyarakat setempat yang telah terbiasa merasakan langsung hujan ikan ini tampak tenang-tenang saja. Mereka bahkan melangsungkan festival, lalu mereka menyuguhkan parade, musik dan beragam olahan ikan segar.

  
Ikan Piranha

Ribuan ikan pemangsa daging Piranha menyerbu pantai di sebelah barat Brasil. Serangan ini sedikitnya melukai 15 orang turis yang sedang berenang pada November 2011 lalu. Sejumlah pejabat terkait di wilayah Caceres Mato Grosso mengatakan ini adalah untuk pertama kalinya mereka memiliki masalah serbuan Piranha di Pantai Daveren di Sungai Paraguay. Seorang pria yang sedang berada di pantai ini menceritakan bahwa ketika ia masuk ke dalam sungai, ia merasa sakit di kakinya. Dan ketika melihat ke bawah ternyata kakinya telah terluka cukup parah. Tanpa berpikir panjang ia pun berlari menyelamatkan diri, ternyata hal ini adalah akibat dari serangan ikan Piranha penghuni sungai.


Ikan Hiu Macan Tutul

Para pemain golf di California dikejutkan dengan seekor ikan hiu macan tutul yang tiba-tiba terjatuh dari langit. Kejadian ini tentu saja membuat para pemain terkejut, mereka pun berusaha mencari sumber ikan hiu macan ini. Mereka heran kenapa ikan ini bisa jatuh dari langit, sebab lapangan golf berjarak jauh dari laut yaitu sekitar 5 km. Para pemain golf pun segera menyelamatkan ikan hiu ini dengan menaruhnya di air yang telah diberi garam. Diperkirakan ikan ini berasal dari perairan San Juan Capistrano karena habitat ikan hiu macan tutul ini memang di sana. Salah satu alasan logis mengapa ikan hiu ini bisa jatuh dari langit adalah ia dibawa oleh pemangsa seperti burung kemudian terlepas atau dibuang di atas lapangan golf.


Ikan Gobi Nopoli Rock Climbing Yang Bisa Memanjat

Ikan bukanlah hewan yang bisa memanjat, karena ia tidak memilik tangan dan kaki. Namun ada ikan unik bernama Gobi Nopoli Rock Climbing yang mampu memanjat dengan menggunakan mulut di sebuah air tejun setinggi 100 meter. Cara memanjat ikan unik ini cukup sederhana, ikan ini menempelkan mulutnya ke permukaan batu dan memindahkan tubuhnya secara perlahan. Beberapa ilmuwan yang sedang melakukan penelitian di Hawaii Amerika Serikat mengetahui pertama kali jika ikan Gobi Nopoli Rock Climbing bisa memanjat batu. Menurut peneliti, ikan ini memang punya kebiasaan menempelkan mulutnya di atas batu untuk mengikis makanan, kemampuan ini pun kemudian dikembangkan untuk  memanjat. Para peneliti kemudian mengambil beberapa ekor ikan untuk menguji apakah benar ikan ini mampu memanjat dengan mulutnya. Peneliti memasukkan ikan-ikan ini ke dalam aquarium, dan ikan ini dipancing dengan makanan di atas aquarium. Hasilnya, ikan-ikan ini benar-benar memanjat aquarium untuk mengambil makanan.


Ikan Mas Jumbo Thailand

Seorang wisatawan asing asal Inggris dikabarkan berhasil menangkap sejenis ikan mas raksasa di sebuah pemancingan di kawasan Krabi Thailand. Beberapa waktu lalu pria bernama Keith Williams ini datang bersama istrinya ke sebuah resort pemancingan di Krabi Thailand untuk merayakan ulang tahunnya yang ke 56. Setelah memancing sekitar 25 menit, ia merasa kail pancingnya ditarik ikan. Setelah diangkat ternyata ikan ini adalah ikan mas berukuran jumbo. Setelah berhasil diangkat dan ditimbang, ternyata ikan mas jumbo ini memiliki berat 132 pound atau sekitar 60 kg. Williams mungkin saja telah memecahkan rekor untuk penangkapan ikan mas terbesar, hanya saja International Game Fish Association belum memutuskan hal tersebut. Sontak penemuan ini menghebohkan masyarakat setempat dan internasional.


Oarfish

Seorang instruktur kelautan di California Amerika Serikat terkejut ketika menemukan seekor bangkai hewan menyerupai ular laut raksasa. Diperlukan hingga 15 orang dewasa untuk mengangkut bangkai ikan ini ke pinggir pantai. Jasmine Santana dari Catalina Island Marine Institute melihat bangkai ikan raksasa yang disebut Oarfish ini saat sedang asyik bersnorkling di pinggir pantai pada Oktober 2013 lalu. Panjang bangkai mahluk ini mencapai 5,5 meter dengan diameter seukuran tubuh laki-laki dewasa. Oarfish tergolong jenis ikan langka karena sangat sulit dijumpai. Perilaku ikan perairan tropis ini juga minim informasi karena ikan ini hidup di laut dalam dengan kedalaman 1000 meter. Oarfish memiliki wajah yang rata, panjang tubuh dan kerangka tulangnya mirip dengan jenis ikan hiu, mereka dapat tumbuh hingga mencapai panjang 17 meter. Karena penampilannya yang aneh ikan ini diyakini memiliki hubungan dengan legenda ular raksasa. Tubuh Oarfish yang ditemukan di California berada dalam keadaan utuh dan diperkirakan mati secara alami.

0 komentar:

Posting Komentar